Pages

Jumat, 20 April 2012

Save Us By Orangutan

Beberapa waktu lalu ramai pemberitaan di media terjadi pembataian orang utan di perkebunan di Kalimantan. Padahal orang utan adalah satwa yang dilindungi. Bahkan saat ini gencar-gencarnya pesan dari pihak Indonesia maupun luar negeri untuk menyelamatkan dan melestarikan populasi orang utan yang hampir punah.



Terdapat dua jenis spesies orangutan, orangutan kalimantan/Borneo (Pongo Pygmaeus) dan orangutan sumatra (Pongo Abelii). Jumlah populasi orangutan saat ini hanya terdapat di Sumatra dan Kalimantan, di wilayah Asia Tenggara. Sulit untuk memperkirakan jumlah populasi orangutan di alam bebas. Di Borneo populasi orangutan sekitar 55.000 spesies, sedangkan di Sumatra populasi orangutan diperkirakan sekitar 7.500 spesies.

Ancaman yang dihadapi oleh orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan telah menjadi lahan perkebunan sawit, pertambangan, dan penebangan liar. Orangutan telah kehilangan 80% habitatnya dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun. jika seekor orangutan betina ditemukan dengan anaknya, maka induknya akan di bunuh dan anaknya akan dijual dalam perdagangan ilegal.

Jumlah orangutan semakin lama semakin berkurang dan hampir mengalami kepunahan.
Mengapa ini bisa terjadi?
Itu karena kita telah menghancurkan hutan tempat tinggal mereka, sistem reproduksi orangutan yang lama (sekali dalam 6-7 tahun).

Nah,,, Kita sebagai warga negara yang baik, alangkah baiknya jika kita menjaga dan melestarikan populasi orangutan dari kepunahan. salah satu cara dengan tidak menebang hutan sembarangan. (Tanam Satu Pohon, Sejuta Manfaat)

Terimakasih
SAVE ORANGUTAN!!

0 komentar:

Posting Komentar