Pages

Kamis, 03 Mei 2012

Ofuda and Omamori

Hi Mina!! Shitteiruka?

Ofuda (おふだ)



Ofuda (Shinpu) yaitu suatu jimat yang hampir sama dengan Omamori. Ofuda juga dituliskan nama para dewa, atau nama suatu kuil suci, atau aksara doa khusus lainnya. Persamaan ofuda dan omamori ini selalu digunakan oleh kuil-kuil suci Shinto dan Buddha. Bedanya, ofuda berbentuk secarik kertas / sehelai kain / sepotong papan kayu. Dan satu lagi yang membedakan adalah fungsi pengunaannya.

Melindungi keluarga dari penyakit adalah kekuatan ofuda, sebuah jimat yang berasal dari Jepang dan kepercayaan Shinto. Ini biasanya dihiasi kertas, kayu,kain atau logam yang melekat ke pintu.

Ofuda dipasang sebagai gantungan atau hiasan, ofuda biasanya ditempel di pintu, gerbang, tiang, bahkan langit langit rumah dengan tujuan agar rumah yang ditempeli Ofuda itu terlindung dari bencana. Misalnya Ofuda yang di tempel di pintu dapur dipercaya bisa melindungi rumah tersebut dari kebakaran. Bila dibandingin dengan omamori yang melindungi hanya satu orang, maka Ofuda dapat melindungi banyak orang.


Omamori (おまもり)



Omamori merupakan merupakan jimat keberuntungan yang biasanya hanya di jual di kuil-kuil Budha dan Shinto. Selain itu, Omamori juga berbentuk sebuah kantung terbuat dari kain berdekorasi yang didalamnya terdapat lipatan kertas atau potongan kayu bertuliskan nama dewa yang sudah di doakan agar memberikan perlindungan dan keberuntungan pada si pemiliknya.

Pada saat itu, Omamori disimpan dalam sebuah tabung bambu kecil dan dikenakan seperti sebuah kalung, namun saat ini telah dibuatkan kantong khusus dari kain (Omamori Bukuro) dan dikenakan oleh mereka yang menginginkan perlindungan.

Omamori ini digunakan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap permasalahan dalam kehidupan seperti penyakit, kecelakaan, kebakaran, keselamatan dalam kelahiran bayi, kebangkrutan dan lain-lain. Karena bentuknya yang kecil, orang Jepang biasanya sering menggantungan Omamori pada tas, ponsel, atau di kaca spion dalam mobil.

Arigatou ne, Mina!!

0 komentar:

Posting Komentar