Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

Ilmuan Biologi

Meneladani sikap para ilmuwan merupakan salah satu kunci sukses bagi kita untuk menjadi pandai. berikut ini merupakan beberapa contoh tokoh ilmuwan biologi yang mungkin dapat kita teladani :

Antoni Van Leeuwenhoek
(1632 - 1723)

Adalah seorang pedagang tekstil berkebangsaan Belanda. ia memanfaatkan waktu luangnya untuk mengembangkan hobinya sebagai ilmuwan mandiri dan ahli mikroskop.
Dengan Mikroskop buatannya, ia menjadi orang yang pertama melihat bakteri.

Carolus Linnaeus
(1707 - 1778)

Merupakan seorang pekerja yang sangat cermat dan tidak mengenal lelah. ia dikenal sebagai pencetus metode ilmiah medern dalam penamaan dan pengklasifikasian tumbuhan dan hewan. Ilmuan kelahiran Swedia ini memberi nama semua kehidupan dengan menggunakan sistem penggolongan binominal.

Lazzaro Spallanzani
(1729 - 1799)

Adalah seorang ilmuan Italia yang mengemukakan bahwa pernapasan tidak hanya terjadi di dalam paru-paru, melainkan di semua sel jaringan seluruh tubuh. Dia juga menemukan bahwa darah berfungsi untuk mendistribusikan oksigen dan mengumpulkan karbon dioksida.

Charles Darwin
(1809 - 1882)

Lahir di Inggris. ia sangat terkenal sebagai ahli biologi karena teorinya tentang evolusi melalui seleksi alam. Pendapat ini berdasarkan pelayarannya dengan kapal HMS Beagle ke kepulauan Galapagos. Ia menerbitkan Penemuannya dalam buku yang berjudul The Origin of Species by Natural Selection.

Gregor Johann Mendel
(1822 - 1884)

Adalah Penemu teori Genetika. Oleh Karena itu, Ilmuwan kelahiran Austria ini di Sebut Bapak Genetika. Ilmuwan dari kelurga amat miskin ini dapat menemukan hukum yang menjelaskan cara penurunan ciri khas suatu organisme dari stu generasi ke generasi berikutnya. Dua Hukumnya yang terkenal yaitu hukum Mendel I dan hukum Mendel II.

Louis Pasteur
(1822 - 1895)

Pastas kita hargai. Karena jasanya, kita dapat minum susu kental dalam kemasan denan aman, meskipun telah tersimpan dalam waktu yang lama. Ilmuan kelahiran Perancis ini berhasil menemukan cara mencegah pembusukan makanan hingga beberapa waktu lama, dengan proses pemanasan yang biasa disebut Pasteurisasi.

Karl Landsteiner
(1868 - 1943)

Seorang Ilmuwan Austria. ia tokoh yang menemukan bahwa darah manusia terbagi menjadi empat kelompok  yang sekarang dikenal sebagai golongan darah A, B, AB, dan 0. Dengan penemuannya tersebut, kita dapat mentransfusi darah dengan aman.

Sir Alexander Fleming
(1881 - 1955)

Ilmuwan kelahiran Skotlandia ini berhasil menemukan penisilin, yaitu sejenis antibiotika yang dihasilkan oleh jamur Panicillium notatum. Zat temuannya ini dapat di gunakan untuk membunuh banyak jenis bakteri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar