Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

Jamur Pencabut Nyawa


Mungkin kita semua sudah pernah memakan makanan yang satu ini. selain rasanya yang enak, teksturnya pun menyerupai daging. cocok untuk bagi para vegetarian. Namun tahu kah kalian semua?
Di Indonesia, kasus keracunan jamur cukup sering terdengar. tingkat keparahannya pun bermacam-macan. Jamur Psilocybe, misalnya, dipercaya hanya memiliki efek halusinogenik, yang kalau dimakan atau dihisap seperti rokok akan menyebabkan halusinasi atau fly. Namun tidak sedikit pula jamur yang mengandung racun serius sehingga dapat berakibat fatal bagi para penyantapnya.


Jamur beracun mengandung berbagai macam senyawa mematikan. Kholin, misalnya, dikenal sebagai senyawa beracun yang berbahaya dan paling mematikan. semua jamur yang disebut supa upas memiliki senyawa kholin. Beberapa jamur yang tergolong supa upas yaitu ; Amanita, Lepoita, Russula, Collybia, dan Boletus. 

Senyawa lainnyayang bersifat mematikan yaitu Muskarin. Bayangkan, pada takaran 0.003 sampai 0.005 gram saja sudah dapat membuat seseorang meninggal dunia. seperti kholin, senyawa beracun ini juga terdapat pada semua jenis jamur yang tergolong supa upas. Falin, Antropin, dan asam halvelat merypakan racun lain pada jamur yang tingkat bahayanya tidak berbeda jauh dengan muskarin.

Agar tidak terjebak racun, informasi tentang jamur yang hendak dimakan, terutama informasi tentang kandungan racunnya, menjadi faktor kunci yang harus dipahami oleh setiap penggemar jamur.

Berikut ini tanda-tanda beberapa jamur beracun :
1. Pada umumnya memiliki warna yang mencolok. misalnya merah, coklat, hijau, biru, dan hitam. Namun ada beberapa jenis jamur yang warnanya mencolok namun tidak berbahaya, seperti jamur Shitake.

2. Memiliki Senyawa sulfida atau senyawa sianida. kandungan sulfida menyebabkan jamur berbau busuk sehingga jarang di hinggapi oleh serangga atau hewan kecil lainnya.

3. Jika jamur dikerat dengan menggunakan benda yang terbuat dari bahan perak asli (pisau, sendok, garpu) maka permukaan benda tersebut akan timbul warna hitam atau kebiruan. warna hitam timbul karena adanya sulfida sedangkan warna biru timbul karena adanya pengaruh sianida.

4. Jika jamur dimasak bersama nasi putih, maka nasi akan berubah warna menjadi coklat, kuning, merah dan hitam. 

Itulah beberapa informasi mengenai jamur beracun yang patut kita hindari. semoga saja artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. di tunggu komentarnya ya.... 


Sumber : http://www.intisari.online.com
http://www.pikiran-rakyat.com

0 komentar:

Posting Komentar