Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

Resep Belajar yang Efektif


Belajar itu menyenangkan. mungkin setiap individu memiliki metode yang berbada dalam hal belajar. Namun tak ada salahnya jika anda mencoba resep belajar yang akan saya berikan. mungkin cara ini dapat anda aplikasikan tidak hanya kepada diri anda sendiri, dapat juga ke adik, sepupu, atau anak anda yang susah menyerap pelajaran atau materi.

Ok... ini nih resep belajar yang efektif :

1. Kaitkanlah Materi dengan Gambar
tak dapat dipungkiri bahwa 90% orang yang membuka buku yang pertama kali yang kita lihat pastilah gambarnya. jika gambar tersebut menarik, maka kita akan membaca buku itu. Oleh karena itu, memahami materi dengan mengaitkan dengan gambar-gambar yang mendukung materi tersebut.
Pada prinsipnya, mengingat materi melalui gambar lebih mudah dari pada mengingat materi dalam bentuk kalimat.

2. Membuat Diagram
Sama halnya dengan gambar, diagram ini bertujuan untuk mempermudah kita untuk memahami materi. Materi yang berkaitan dengan klasifikasi dan silsilah, serta meteri yang mempunyai bagian-bagianyang lebih kecil, sebaiknyadi ringkas juga dalam bentuk diagram. Hanya dengan melihat diagram kita dapat mengingat kembali materi yang telah kita pelajari.

3. Membuat Tabel
Untuk materi yang mempunyai rincian yang sangat banyak, setelah membaca sebaiknya ringkaslah dalam bentuk tabel.

4. Membuat Perbandingan
Setelah membaca materi yang mempunyai ciri, sifat, fungsi, atau bentuk yang sama atau berbeda sebaiknya dibuatkan perbandingan, dapat berbentuk tabel atau yang lainnya.

5. Membuat Kamus Kecil
Apabila terdapat istilah-istilah asing dan ada pengertiannya, sebaiknya dikumpulkan di buku kecil atau buku saku sehingga mudah di bawa ke mana-mana.

6. Mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
Untuk materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sebaiknya anda mengaitkannya dengan kenytaan yang ada di sekitar anda. guna untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari.

7. Membuat jembatan Keledai.
Jembatan keledai yaitu singkatan unik dari istilah-istilah asing. seperti :
Vertebrata dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mamalia.
Maka jembatan keledainya yaitu "Pisang Ambon Rebus Agak Manis"

Itulah resep belajar yang dapat saya Share kepada pengunjung blog Anbu.
"kita pasti Bisa" belajar itu mudah.
selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar