Pages

Rabu, 18 April 2012

MENGENALI POTENSI DIRI

Mengenali potensi diri artinya Mengenal potensi Yang ada pada diri kita , kemampuan yang ada pada diri kita dan kmampuan yang Kita miliki..begitu. Pentingnya mengenali potensi diri,karena dengan mengenli potensi yang ada Pada diri, kita dapat mengembangkan atau Mengasah kemampuan yang tertanam.
Secara umum, potensi diri dapat Diklasifikasikan sebagai berikut :
~ Kemampuan Dasar
~ Etos Kerja
~ Kepribadian
~ Diri adalah potensi diri mulia yang dikaruniakan oleh Allah swt kepada manusia makhluk yang paling mulia. Allah swt berfirman: “Kutiupkan ruh-Ku ke dalamnya (Al-Hijr/15: 29)

*Manusia memiliki tiga potensi,yaitu:
~ Potensi Pikir (daya penyeimbang),
~ potensi syahwat (daya tarik), dan
~ potensi marah (daya tolak)

Banyak peniliti yang mengkaji tentang potensi diri ini , dan Menurut Howard Gardner, potensi yang terpenting adalah intelegensi, yaitu :
~ Intelegensi linguistiK
~ Intelegensi matematis-logis
~ Intelegensi ruang,.
~ Intelegensi kinestetik-badani,
~ Intelegensi musikal,.
~ Intelegensi interpersonal
~ Intelegensi intrapersonal,.
~ Intelegensi naturalis,
~ Intelegensi eksistensial

Pentingnya Menetapkan Visi dan Tujuan
Dasar dari semua kepemimpinan adalah kepemilikan visi. Dan untuk melangkah dalam visi ,sebuah komitmen amat dibutuhkan. Komitmen ini disebut misi. Namun ketik dalam pencapaiannya muncul masalah, dibuatlah serangkaian tindakan yang spesifik untuk menyelesaikan misi itu. Tindakan inilah yang disebut tujuan. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang tidak memiliki tujuan sama seperti sebuah kapal yang tak bernakhoda.

Agar efektif, seorang pemimpin harus menegaskan fokus misinya secara berkala melalui penetapan tujuan yang efektif. Semakin jelas tujuan yang dimiliki, semakin tajam fokusnya, demikian sebaliknya. Penetapan tujuan yang efektif menjadikan visi semakin terfokus karena menjelaskan langkah langkah yang dapat diambil untuk mencapai visi tersebut.

Visi memang penting, namun visi itu tidak akan terwujud bila tujuan suatu program tidak terencana dan dilaksanakan dengan benar. Sebuah visi akan tetap sama dalam jangka waktu yang lama, sedangkan sebuah misi akan menyesuaikan dengan isi. Namun, suatu tujuan harus ditinjau Secara berkala agar seorang pemimpin dapat menyesuaikannya dengan Situasi yang terus berubah. Ketika menetapkan tujuan, kita Menuliskan Langkah- langkah Yang diperlukan untuk menyempurnakan Visi kita. Agar tujuan yang ditetapkan efektif, seorang pemimpin perlu Memahami karakteristik tujuan yang baik.

Beberapa prinsip yang berguna untuk menjadikan tujuan efektif, Yaitu:
1. Tentukan Tujuan Anda Sendiri
2. Izinkan Pemikiran Anda Berkembang
3. Tuliskan Tujuan Anda Secara Terperinci
4. Nyatakan Tujuan Anda Dengan Positive
5.Pastikan Bahwa Tujuan Anda Meliputi Perubahan Karakter.
6.Jadikan Tujuan Anda Sebagai Tujuan Pribadi

Pengertian Umpan Balik Dalam Psikologi
Umpan balik merupakan sebuah proses di kelas yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti praktik pembelajaran sejak tahun 1970-an hingga sekarang ini. Secara konsisten, para peneliti telah menemukan bukti bukti bahwa ketika guru mampu menggunakan prosedur umpan balik yang efektif ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswanya. Bahkan, hasil studi yang dilakukan Bellon, dan Blank menunjukkan bahwa dibandingkan dengan berbagai perilaku mengajar lainnya, pemberian umpan balik akademik ternyata lebih berkorelasi dengan prestasi belajar siswa. Dengan tanpa memandang kelas, status sosial ekonomi, ras, atau keadaan sekolah korelasi ini cenderung konsisten. Ketika umpan balik dan prosedur korektif digunakan secara tepat ternyata sebagian besar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya hingga di atas 20%.

Syarat-Syarat Umpan Balik
Umpan balik tidak sama dengan penilaian. Umpan balik hanya dimaksudkan untuk mencari Informasi sampai dimana murid mengerti bahan yang telah dibahas. Selain itu murid atau mahasisiwa juga diberi kesempatan untuk memeriksa diri sampai di mana mereka mengerti bahan tersebut. Sehingga mereka dapat melengkapi pengertian-pengertian yang belum lengkap. tulah tadi bentuk-bentuk umpan balik yang dimaksudkan untuk melihat.

Sejauh mana suatu penjelasan dapat tersampaikan secara baik. Dan dari sini kiranya saya telah mengetahui bahwa ada berbagai macam bentuk umpan balik. Pilihan tentu saja paling tergantung pada pengajar yang bersangkutan sendiri. Hal yang paling penting adalah sejauh mana uraian yang diberikan dapat diterima secara jelas oleh murid. Pada umumnya pengajar kurang memikirkan perlunya mengadakan umpan balik seperti itu. Setelah seluruh kursus atau seluruh rangkaian pelajaran selesai diberikan.

Umpan balik tidak sama dengan penilaian. Umpan balik hanya dimaksudkan untuk mencari Informasi sampai dimana murid mengerti bahan yang telah dibahas. Selain itu murid atau mahasisiwa juga diberi kesempatan untuk memeriksa diri sampai di mana mereka mengerti bahan tersebut. Sehingga mereka dapat melengkapi pengertian-pengertian yang belum lengkap. tulah tadi bentuk-bentuk umpan balik yang dimaksudkan untuk melihat.

Sejauh mana suatu penjelasan dapat tersampaikan secara baik. Dan dari sini kiranya saya telah mengetahui bahwa ada berbagai macam bentuk umpan balik. Pilihan tentu saja paling tergantung pada pengajar yang bersangkutan sendiri. Hal yang paling penting adalah sejauh mana uraian yang diberikan dapat diterima secara jelas oleh murid. Pada umumnya pengajar kurang memikirkan perlunya mengadakan umpan balik seperti itu. Setelah seluruh kursus atau seluruh rangkaian pelajaran selesai diberikan.

Tiga hal yang pertama berhubungan dengan Umpan balik yang dilakukan terhadap tiap jam pelajaran atau jam kuliah. Kita sebut hal itu. Sebagai umpan balik pelajaran atau kuliah. Sedangakan hal yang keempat

Berhubungan dengan evaluasi pada akhir kursus. Maka kita sebut penilaian kursus. Setiap umpan balik pengajaran menentukan isi pelajaran berikutnya, oleh karena itu jelas, bahwa umpan balik tidak hanya perlu bagi guru, tetapi bagi murid.

Teknik-teknik mendapatkan umpan balik, bagaimana memancing apersepsi anak didik, memanfaatkan teknik alat bantu yang akseptabel, menggunakan metode yang bervariasi, saya dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa cara dan metode-metode untuk memancing apersepsi anak didik diantarnaya: menggunakan suatu system aturan tertentu dalam menghadapi hal-hal atau prosedur tertentu, , mencegah agar perilaku siswa yang salah Tidak berketerusan, mengarahkan tindakan. Dengan disiplin secara tepat, memberikan tugas-tugas yang menarik minat siswa, Terutama apabila mereka bekerja secara bebas memberikan penghargaan dan ganjaran untuk memotivasi siswa, menggunakan kritik yang halus dalam mengomunikasikan harapan kepada siswa yang lebih pandai,Menerima Inisiatif siswa yang disampaikan melalui pertanyaan, bahasan, atau saran-saran.

Johari Window
Jendela Johari merupakan teknik yang diciptakan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham di tahun 1955. Di Amerika Serikat, digunakan untuk membantu orang lebih memahami unstability mental mereka. Hal Ini digunakan terutama dalam kelompok kelompok swadaya dan pengaturan perusahaan sebagai latihan heuristik.



Ketika melakukan latihan, subjek diberi daftar kata sifat 56 dan memilih lima atau enam yang mereka. Merasa menggambarkan kepribadian mereka sendiri. Rekan-rekan tentang masalah ini kemudian diberikan daftar yang sama, dan masing-masing memilih lima atau enam kata sifat yang menggambarkan subjek. Ini kata sifat ini kemudian dipetakan ke kotak.

Charles Handy menyebutnya konsep Johari Rumah dengan empat kamar. Kamar 1 adalah bagian dari diri kita yang kita lihat dan orang lain melihat. Kamar 2 adalah aspek yang dilihat orang lain tapi kita tidak sadar. Kamar 3 adalah ruang paling misterius di bagian bawah sadar atau bawah sadar kita dilihat oleh diri kita sendiri maupun orang lain tidak. Kamar 4 adalah ruang pribadi kita, yang kita tahu tapitetap dari orang lain. Konsep ini jelas berhubungan dengan gagasan dikemukakan dalam program Myers-Briggs Type Indicator, yang pada gilirannya berasal dari teori-teori tentang kepribadian pertama kali dieksplorasi oleh psikolog Carl Jung.

0 komentar:

Posting Komentar